Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

SIKAP GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KECAMATAN CIBINONG

Fitriana, Putri Hanifah (Unknown)
Utami, Yuni Tanjung (Unknown)
Musayaroh, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dikatakan strategi yang tepat karena pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode pengajaran yang menitik beratkan pada kebutuhan belajar siswa dalam hal kesiapan belajar, profil belajar, minat dan juga keterampilan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat bagaimana tingkatan sikap guru di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi terhadap pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan 3 komponen sikap, yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen konatif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data kuantitatif yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, kemudian mendeskripsikan data dari hasil penelitian yang akurat dan tepat. Populasi dalam penelitian ini target populasinya adalah 68 guru dari SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Darul Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi. sampel pada setiap sekolah, didapatkan jumlah sampel pada penelitian ini dengan total sebanyak 58 responden. Hasil penelitian dan pembahasan pada faktor kognitif, mayoritas 45% (27 guru) memiliki sikap cukup baik, di bandingkan dengan rata-rata yang didapatkan yaitu 22,85. faktor afektif diatas, dapat dilihat bahwa presetasi paling tinggi yaitu pada kategori cukup baik dengan total 31 guru (52%). dan pada faktor konatif diatas, dapat dilihat bawah pada kategori cukup baik yang memiliki presentasi yaitu 35% (21 guru). Berbanding terbalik dengan kategori sangat kurang baik dimana memiliki presentasi 0%. Sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis di tiga sekolah menengah yaitu di SMP Citra Nusa, SMP Islam Plus Daarun Jannah dan SMP Al Azhar Syifa Budi, dikategorikan bahwa sikap guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi pada siswa autis dari ketiga factor cukup baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...