Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam menanamkan nilai-nilai islam pada anak usia dini dan mengetahui bagaimana cara menanamkan nilai-nilai islam pada anak usia dini sehingga diharapkan dapat menjadi acuan dalam pendidikan lingkungan hidup di pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dan data yang dilakukan dengan teknik survey yang menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan melalui google form dengan jarak waktu pengisian selama dua minggu. Subjek penelitian yaitu guru PAUD yang berjumlah 31 orang guru. Hasil penelitian ini secara general yang menunjukan bahwa pentingnya pendidik untuk menanamkan nilai-nilai Islam dalam pendidikan lingkungan hidup di pendidikan anak usia dini pendidik yang berada pada klasifikasi “sangat setuju” sebanyak 28 orang atau 90.3% dari jumlah responden. Lalu responden pendidik yang berada pada klasifikasi “setuju” sebanyak 3 orang atau 9.7% dari jumlah keseluruhan responden pendidik dalam survey ini. Hal ini dari analisis SPSS Statistika dengan nilai koefisien korelasi spearman adalah 0,80 yang menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat dan bernilai positif antara persepsi guru dan perilaku anak. Bahwa peran guru sangat kuat dalam menanamkan nilai nilai islam kepada anak usia dini untuk menjaga lingkungan hidup.
Copyrights © 2025