Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGARUH TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3C PELAJARAN MATEMATIKA SDN KARANGANYAR GUNUNG 02

Lailatul Nikmah, Zulfa (Unknown)
Patonah, Siti (Unknown)
Kusniati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik materi perkalian mata pelajaran matematika kelas III C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan mix method. Mix method reseach design (penelitian dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif dalam suatu penelitian). Mix method yang digunakan adalah tipe embedded design. Dengan desain metode kuantitatif yang digunakan adalah pre-eksperimental design One Group Pretest-Posttest. Wawancara adalah metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. 25 peserta didik di kelas III C yang merupakan populasi penelitian. Tes tertulis, dokumen, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Uji normalitas pre test dan posttest, uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial, dan analisis koefisien penentuan adalah beberapa metode analisis data yang digunakan. Penelitian ini menemukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berbasis masalah. Menunjukan bahwa t_hitung = 6,256 dan t_(tabel) = 1,714. Bahwa pendekatan ini memberikan dukungan terhadap hasil belajar peserta didik. Jika t_hitung > t_(tabel), maka Ha diterima. Hasil analisis korelasi biserial menunjukkan tingkat korelasi yang sangat kuat (r_hitung = 0,8265). Analisis korelasi mengungkapkan bahwa kenaikan persentasenya adalah 68%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Teaching at the Right Level (TaRL) memiliki dampak 68% terhadap hasil belajar siswa dan bahwa hasilnya merupakan perbedaan antara rata-rata skor pretest dan post test.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...