Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar sering kali dianggap kurang menarik oleh siswa karena penyajiannya yang lebih banyak bersifat teoritis. Untuk mengatasi hal tersebut, pemanfaatan alam sebagai media pembelajaran menjadi alternatif inovatif yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan alam sebagai media pembelajaran IPS yang menyenangkan pada siswa kelas VI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI di salah satu sekolah dasar yang menerapkan pembelajaran IPS berbasis alam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan pembelajaran dilakukan di luar kelas, seperti kunjungan ke taman, sungai, atau area pertanian untuk mengamati langsung materi yang berkaitan dengan IPS, seperti interaksi manusia dengan lingkungan, sumber daya alam, dan ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam memberikan dampak positif bagi siswa. Mereka menjadi lebih antusias dan aktif dalam proses belajar, lebih mudah memahami konsep-konsep IPS, serta memiliki kesadaran yang lebih tinggi terhadap lingkungan. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui kerja kelompok dan diskusi. Namun, tantangan dalam penerapan metode ini meliputi keterbatasan fasilitas sekolah serta faktor cuaca yang dapat mempengaruhi keberlangsungan kegiatan di luar kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025