Menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan sosial yang kuat pada anak-anak merupakan tujuan utama dari program pembangunan karakter di sekolah. Budaya sekolah merupakan salah satu elemen terpenting yang membantu membentuk karakter seseorang. Agar siswa dapat mengembangkan kepribadian yang lebih kuat, penting untuk memasukkan pendidikan karakter ke dalam budaya sekolah. Memperkenalkan prosedur ini kepada anak-anak di usia muda akan membuatnya lebih efektif. Demikian pula, pendidikan karakter di sekolah dasar dan unit pendidikan dasar lainnya sangat penting untuk meletakkan dasar bagi karakter masa depan anak-anak. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Alih-alih menggunakan data numerik atau statistik, teknik deskriptif kualitatif memaparkan skenario atau kondisi yang diteliti melalui deskripsi naratif, dan data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata, foto, atau tindakan. Kami memilih metode ini karena kami ingin mengetahui bagaimana budaya SD Negeri 2 Glempang memengaruhi kepribadian siswa melalui interaksi mereka dengan guru dan teman sekelas serta rutinitas dan pengalaman sehari-hari mereka di sana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah SD Negeri 2 Glempang secara signifikan memengaruhi pengembangan karakter siswa. Penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah yang mendukung memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan pribadi anak-anak. SD Negeri 2 Glempang telah membangun iklim sekolah yang stabil dan memberikan dukungan yang sangat baik untuk pertumbuhan pribadi siswa. Wawancara dengan siswa telah menunjukkan bahwa mereka meniru tindakan guru mereka dalam kehidupan nyata. Dalam hal akuntabilitas, kesadaran sosial, dan disiplin, kepala sekolah dan instruktur SD Negeri 2 Glempang telah menjadi contoh bagi siswa untuk diikuti. Siswa dapat berhasil menyerap kualitas karakter melalui pembiasaan cita-cita keagamaan, kegiatan ekstrakurikuler, kerja sama timbal balik, dan disiplin. Meskipun demikian, pendidikan karakter di luar lingkungan sekolah memerlukan bantuan tambahan dari orang tua dan masyarakat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Untuk pengembangan karakter yang lebih baik pada siswa, harus ada kerja sama antara masyarakat, keluarga, dan sekolah untuk menciptakan budaya sekolah yang dapat bertahan dalam ujian waktu.
Copyrights © 2025