Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One Group Pre-test–Post-test yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-modul berbasis video terhadap kemampuan bercerita fabel siswa kelas V SD Inpres 4/82 Biru, Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan e-modul berbasis video, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan bercerita fabel siswa. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan bercerita fabel yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial melalui uji normalitas serta uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 24,30 pada pre-test menjadi 63,07 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis video berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan bercerita fabel siswa. Dengan demikian, e-modul berbasis video dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di jenjang sekolah dasar.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025