Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG DIPERSONALISASI BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Wati, Anjar (Unknown)
Anggun, Rattu (Unknown)
Hidayat, Ahmad (Unknown)
Farhurohman, Oman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa dampak signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran. Salah satu pendekatan inovatif yang kini berkembang adalah pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI, di mana sistem pembelajaran menyesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan gaya belajar masing-masing peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI melalui studi literatur terhadap berbagai jurnal ilmiah nasional dan internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan melalui peningkatan keterlibatan belajar, efektivitas materi yang sesuai kebutuhan, serta pemantauan perkembangan belajar secara real-time. Meskipun demikian, tantangan seperti kesiapan infrastruktur, pelatihan guru, dan keamanan data menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam implementasinya. Pembelajaran yang dipersonalisasi berbasis AI dinilai sebagai solusi potensial dalam menciptakan pendidikan yang lebih adil, adaptif, dan relevan dengan tuntutan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...