Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan dan untuk mengetahui validasi, praktikalitas dan efektivitas pengembangan media pembelajaran kartu pertanyaan untuk materi IPS Kenampakan Alam kelas V MI Islam Datok Sulaiman palopo. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan atau metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas V MI Islam Datok Sulaiman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Wawancara, 2) Dokumentasi, 3) Angket, 4) Validasi Ahli, 5) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan dan tahap pengembangan di kelas V MI Datok Sulaiman, ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut terdapat kebutuhan untuk menghadirkan inovasi baru dalam media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi yang diperlukan adalah media kartu pertanyaan (question card). Validasi media pembelajaran dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Ahli media mendapatkan persentase validitas sebesar 77% dengan kategori valid. Ahli materi memberikan nilai persentase 90%, ahli bahasa memberikan nilai persentase 85% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang diuji cobakan kepada siswa sebanyak 20 orang menunjukkan nilai 84% dan dari guru kelas II dengan nilai akhir dari hasil uji kepraktisan mencaai 92% dengan kategori sangat praktis Hasil uji keefektifan mengenai media kartu pertanyaan (question card) diperoleh rata-rata skor pretest siswa adalah 71,25%, sedangkan rata-rata posttest siswa adalah 90% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2025