Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 5, No 1 (2025)

SIMULASI MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA MELALUI KONTEN TIKTOK, REELS DAN SHORTS

Meliantari, Dian (Unknown)
Tarmizi, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Biaya wisata yang cukup mahal membuat banyak masyarakat tidak bisa menikmati keindahan wisata, belum lagi ditambah dengan biaya transportasi dan akomodasi yang tinggi.  Hal tersebut membuat semakin mahalnya masyarakat untuk dapat berwisata di Indonesia.  Untuk itulah wisata virtual menjadi alasan penelitian ini dilakukan.  Melalui video yang menarik tentu masyarakat bisa turut menikmati keindahan tempat-tempat wisata secara virtual. Penelitian ini mengamati variabel tiktok, reels dan shorts kaitannya terhadap simulasi minat berkunjung ke destinasi wisata. Pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 100 sampel menggunakan rumus Hair dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier beranda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tiktok dan Reels berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung tapi variabel Shorts tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.  Secara simultan variabel Tiktok, Reels dan Short berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN 2775-9806 (cetak) dan ISSN 2775-9814 (Online), dikelola Program Studi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Jurnal Manajemen dan Bisnis diterbitkan dua kali setahun (pada Maret dan September). Menerima ...