Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan sosialisasi dan pelatihan Pencak Silat di SD Negeri 92 Sinjai guna menumbuhkan minat dan kepedulian siswa terhadap olahraga tradisional Indonesia. Kegiatan ini menggunakan metode partisipatif, di mana siswa terlibat aktif dalam setiap tahap sosialisasi dan pelatihan. Sosialisasi dilakukan untuk memperkenalkan sejarah, filosofi, dan manfaat Pencak Silat, sementara pelatihan teknik dasar meliputi gerakan tangan, tendangan, dan posisi bertahan. Evaluasi dilakukan dengan mengamati partisipasi dan perkembangan keterampilan siswa selama kegiatan. Kegiatan ini melibatkan 50 siswa dari kelas 4 hingga 6 SD Negeri 92 Sinjai. Sebelum mengikuti kegiatan, hanya sekitar 30% siswa yang tertarik pada olahraga tradisional. Namun, setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan, lebih dari 70% siswa menunjukkan minat yang lebih besar terhadap Pencak Silat. Selain itu, 80% siswa dapat menguasai teknik dasar Pencak Silat setelah pelatihan dan 85% siswa mengungkapkan keinginan untuk melanjutkan latihan di luar kegiatan sekolah. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya melestarikan budaya Indonesia melalui olahraga tradisional. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan siswa dengan keterbatasan fisik, hasil kegiatan ini menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam menumbuhkan minat dan pemahaman siswa tentang Pencak Silat. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan model bagi sosialisasi olahraga tradisional di sekolah-sekolah lain di masa depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025