Keterampilan membaca pemula harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan membaca tingkat lanjut. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Alalak Selatan 4 Banjarmasin, ditemukan bahwa tidak hanya kurangnya metode pengajaran yang menarik, tetapi juga karena ketidakmampuan siswa dalam mengaitkan kata dengan makna yang sesuai. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu membimbing siswa di SD Negeri Alalak Selatan 4 Banjarmasin dalam belajar membaca permulaan di kelas rendah dengan bantuan media gambar. Media gambar membantu siswa dalam mengasosiasikan kata-kata dengan objek nyata, memfasilitasi pemahaman makna bacaan secara lebih efektif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode klasikal, dimana tim pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin membimbing siswa di kelas secara langsung melalui tatap muka. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan bimbingan membaca permulaan dengan media gambar, terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025