Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi dari dampak penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A. Fokus pada penelitian ini untuk Untuk mengetahui dampak positif,dampak negatif dan Untuk mengetahui upaya terhadap dampak negatif gagdet pada anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian dilakukan di SPS Simba Mandala Bekasi. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mengacu pada kisi-kisi pedoman wawancara serta dokumentasi. Narasumber disini yaitu 7 orangtua siswa dan satu orang guru. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif anak bisa meniru gaya bahasa, tingkah laku baik dan dapat bernyanyi dari tontonan mereka dan dampak negatifnya dengan gagdet komunikasi anak jadi satu arah hal ini bisa membuat kemampuan berbicara belum sesuai dengan tahap perkembangannya adapun upaya dari penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A, beberapa orangtua banyak menggunakan cara mengurangi waktu screen time dan mengalihkan perhatian anak dengan berbagai aktivias bersama. Dengan hal ini peneliti menyimpulkan bahwa adanya dampak dalam penggunaan gagdet terhadap perkembangan berbicara anak usia dini kelompok A.
Copyrights © 2024