Wildan
Vol. 3 No. 1 (2024): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud Pada Siswa Kelas IIA SDN Jakasampurna VIII Bekasi

Enur Nopitasari (Unknown)
Eva Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran-gambaran serta informasi tentang peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan strategi reading aloud siswa kelas IIA SDN Jakasampurna VIII Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 sampai dengan 27 Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain intervensi tindakan /rancangan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pencapain kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 64 %. Rata-rata kemampuan siswa pada siklus I adalah 74% dan rata-rata kemampuan siswa pada siklus II 89 %. Berdasarkan peningkatan Prosentase tersebut, maka dinyatakan hipotesis tindakan dapat diterima. Dengan demikian dapa disimpulkan bahwa penggunaan strategi reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...