Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Tahfidz Qur’an Uwais Al-Qorny Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa sebagai sampel utuh dengan teknik sampling jenuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah memberikan soal tertulis pada siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial yang dibantu dengan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapatkan hasil thitung (11,645) > ttabel (2,201) pada α = 0.05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan model pembelajaran interaktif dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Tahfidz Qur’an Uwais Al-Qorny, sehingga sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh sebesar 78% dari model pembelajaran Interaktif dan 22% lainnya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.
Copyrights © 2024