Pemahaman siswa mengenai konsep dasar Matematika masih kurang, terutama pada materi operasi hitung perkalian. Hal ini dikarenakan guru kurang memberikan variasi media untuk kegiatan proses belajar mengajar dan pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Takalintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI As-Syahid Jatiasih Bekasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dilakukan kepada dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan secara statistik dengan menggunakan uji-t pada α = 0,05 diperoleh nilai t hitung > t tabel (16,922 ˃ 2,045). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis thitung jatuh pada daerah penolakan H0 atau penerimaan H1, artinya hasil belajar Matematika siswa menggunakan media Takalintar lebih tinggi dibanding dengan tidak menggunakan media Takalintar. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Takalintar terhadap hasil belajar Matematika di MI As-Syahid Jatiasih Bekasi.
Copyrights © 2024