MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary


Strategi Pengembangan Karakter Dalam Pembelajaran SD/MI: Pendekatan Komprehensif Dan Terintegrasi

Ria Ratna Ningtyas (Unknown)
Nur Khasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD/MI). Pada usia ini, anak-anak berada pada fase perkembangan moral dan sosial yang sangat penting, sehingga pembentukan karakter perlu dilakukan secara sistematis dan terintegrasi dalam seluruh aspek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan karakter yang efektif dalam pembelajaran di SD/MI melalui pendekatan komprehensif yang mencakup integrasi kurikulum, lingkungan sekolah, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan, termasuk artikel ilmiah, buku, dan kebijakan pendidikan yang terkait dengan pendidikan karakter. Hasil temuan menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam pengembangan karakter antara lain adalah integrasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum, penerapan pembelajaran berbasis proyek yang mendorong kerja sama dan tanggung jawab, pembiasaan perilaku positif di sekolah, keteladanan dari pendidik, penciptaan lingkungan sekolah yang mendukung, penggunaan media dan permainan edukatif yang kontekstual, serta pelibatan aktif orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan. Implementasi strategi tersebut memerlukan komitmen kuat dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah, orang tua, dan komunitas sekitar. Penelitian ini juga menyoroti beberapa tantangan, seperti keterbatasan pemahaman guru tentang pendidikan karakter, kurangnya sumber daya, serta belum optimalnya evaluasi terhadap keberhasilan program. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru, perencanaan program yang matang, dan evaluasi yang sistematis agar strategi pengembangan karakter dapat berjalan efektif dan berkelanjutan

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

multiple

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

MULTIPLE: Journal of Global and Multidisciplinary is a peer-reviewed journal that aims to provide a platform for scholars, researchers, academics, and practitioners from diverse fields of study to contribute and exchange their knowledge, insights, and research findings. MULTIPLE: Journal of Global ...