geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol. 5 No. 2 (2024)

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing

Herlina, Meri (Unknown)
Widodo, Sugeng (Unknown)
Tardiyansah, Renal (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Pendidikan artinya proses untuk mengembangkan potensi menjadi eksklusif yg bisa berkontribusi bagi masyarakat . Penelitian ini memiliki tujuan primer untuk melihat korelasi antara contoh pembelajaran Snowball Throwing dengan minat belajar siswa di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 6 Bandar Lampung. Metode penelitian ini ialah naratif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa uji statistik, yaitu uji F, uji t, uji N-gain, serta uji korelasi Pearson Product moment. sesuai hasil yang ditemukan bahwa ada keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dengan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien hubungan sebanyak 0,619 (relatif kuat) serta nilai signifikansinya 0,021 lebih kecil asal 0,05, yg berarti korelasi tersebut signifikan secara statistik. Jadi kesimpulannya ialah ada korelasi yg konkret antara model pembelajaran serta minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...