Jurnal Medika: Medika
Vol. 4 No. 2 (2025)

Penyegaran Edukasi Sejarah Pra Islam Kepada Siswa SD Melalui Beragam Aktivitas Pembelajaran

Rostina, Lilis (Unknown)
Fauziah, Puji (Unknown)
Zuhri, M Tajudin (Unknown)
Munawaroh, Nenden (Unknown)
Masripah, Masripah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Pendidikan sejarah sangat penting untuk membentuk pemahaman dan identitas generasi muda. Mengajari siswa SD tentang sejarah pra Islam, seperti yang dilakukan peneliti dengan GIS Prima Insani, sangat penting, terutama dalam konteks pendidikan Islam. Tujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan video ensiklopedi Muslim Arab dalam pengajaran sejarah pra-Islam di tingkat sekolah dasar. Tujuan untuk mengenalkan sejarah pra-Islam kepada siswa SD GIS Prima Insani melalui pendekatan yang lebih kreatif dan interaktif. Menggunakan teknologi dan berbagai aktivitas pembelajaran yang menarik. Hasil bahwa metode kreatif yang memanfaatkan teknologi terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia pra-Islam dan meningkatkan minat mereka dalam sejarah Islam. Oleh karena itu, penggunaan media interaktif dalam pembelajaran dapat membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan berdampak jangka panjang bagi siswa. Saran diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami sejarah ini sekaligus menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalamnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Medika: Medika adalah jurnal yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat bidang kesehatan. Jurnal pengabdian masyarakat Medika di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai. Jurnal ini berisikan artikel berkenaan dengan hasil ...