Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka
Vol. 3 No. 4 (2025): Bulan Juli

Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyusunan Konsep Perancangan Fasilitas Taman Kanak-kanak di Desa Sidetapa dengan Pendekatan Studi Preseden

Prabandari, Nyoman Ratih (Unknown)
Wiguna, Made Mas Surya (Unknown)
Ananda, I Kadek Wahyu Tangkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Desa Sidatapa belum memiliki fasilitas pendidikan usia dini yang memadai. Pemerintah Desa Sidetapa memasukkan penyediaan fasilitas pendidikan TK di Desa Sidetapa ini sebagai salah satu program kerja desa yang sebaiknya diprioritaskan untuk ditindaklanjuti. Tim berusaha memberikan usulan terkait pemecahan permasalahan ini dengan membantu Desa Sidetapa dalam menyusun konsep perancangan fasilitas pendidikan TK di Desa Sidetapa, yang akan digunakan sebagai acuan atau pedoman untuk melaksanakan kegiatan pembangunan kedepannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, rencana kegiatan yang diusulkan berupa Focus Group Discussion untuk melakukan brainstorming dan mengumpulkan data untuk mengidentifikasi kebutuhan ruang fasilitas pendidikan TK di Desa Sidetapa dan menyesuaikan dengan aturan atau petunjuk teknis pembangunan pendidikan TK yang ada. Dilanjutkan dengan proses perencanaan  proposal usulan bantuan yang diperlukan untuk pembangunan fasilitas pendidikan TK di Desa Sidetapa. Target luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah proposal konsep perancangan.  Kegiatan ini merupakan pilot project dalam pendampingan akademisi dan praktisi dalam membangun desa Sidatapa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB) published 4 (Four) times a year (February, July, September, November), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural ...