Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media simulasi PhET dalam model pembelajaran discovery learning berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 pada materi pokok larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas eksperimen rata-rata 77,91 dan di kelas kontrol rata-rata 74,53. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan = 0,05 dan diperoleh Zhitung > Ztabel (1,95 > 1,64). Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media simulasi PhET dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 4 Takalar pada materi pokok larutan asam basa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023