Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Transformasi Jembatan Akar Menjadi Motif Batik Di Kenagarian Puluik-Puluik Kabupaten Pesisir Selatan

Indriani, Nadha (Unknown)
Novrita, Sri Zulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Motif batik yang ada di Rumah Batik Jembatan Akar memiliki bentuk sederhana berbeda dengan motif batik pada umumnya, maka dari itu dilakukan transformasi pada motif batik jembatan akar dari bentuk asli menjadi bentuk yang lebih kompleks tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari bentuk aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi motif batik. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Informan pada riset ini adalah 2 orang pengrajin batik, 1 orang ketua di Rumah Batik Jembatan Akar dan 2 orang pengunjung dan penjual di wisata jembatan akar. Teknik observasi, wawancara dan dekumentasi merupakan teknik pengumpulan data dalam riset ini. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Triangulasi dipakai untuk menguji keabsahan data yang dilakukan kepada ketua Rumah Batik Jembatan Akar. Hasil penelitian ada beberapa motif batik yang mengalami transformasi dari bentuk asli menjadi bentuk asli menjadi bentuk yang lebih kompleks diantaranya batik motif jembatan akar merupakan transformasi dari jembatan akar yang distilasi dari kerangka jembatan akar dilengkapi dengan motif rumah gadang dan ranting pohon. Motif pinggiran akar merupakan transformasi dari akar-akar pohon yang distilasi dari kerangka jembatan akar sehingga membentuk akar yang terjalin. Kata Kunci: transformasi, motif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...