Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Kubu

Hendriyani, Susilawati (Unknown)
Matsum, Junaidi H (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
Asriati, Nuraini (Unknown)
Syahrudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Kubu. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kubu. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XII  yang terdiri dari 124 peserta didik. Dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 95 peserta didik, dengan menggunakan teknik Proportional  random sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, nilai rata-rata literasi digital sebesar 75,03 dengan kategori baik dan nilai hasil belajar adalah 80,21 dengan kategori baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,004, dengan kriteria sig 0,004 < α 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kubu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...