Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Pengaruh Film Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa

Suparmi, Suparmi (Unknown)
Lestari, Ajeng Sarwi (Unknown)
Cahyaningrum, Elief Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak film terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dalam konteks Pendidikan yang terus berkembang, motivasi belajar merupakan faktor penting dalam pengembangan potensi mahasiswa, khusunya dalam konteks penguasaan Bahasa inggris. Banyak mahasiswa menghadapi tantangan dalam belajar Bahasa inggris karena kurangnya dukungan, metode pengajaran yang tidak efektif, dan kurangnya minat terhadap materi pembelajaran. film, sebagai salah satu bentuk media pembelajaran audio visual, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan menciptakan keterlibatan emosional dan membantu mahasiswa memahami dialog tanpa bergantung pada terjemahan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, memanfaatkan Korelasi Momen Produk untuk analisis data, dan melibatkan sampel acak sebanyak 100 mahasiswa. Temuan penelitian ini mengungkapkan hubungan yang signifikan antara paparan film dan motivasi belajar, dengan koefiesien korelasi (R) sebesar 0,885 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 78,3%. Hasil tersebut menyiratkan bahwa menonton film berbahasa inggris dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa inggris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...