Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak film terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dalam konteks Pendidikan yang terus berkembang, motivasi belajar merupakan faktor penting dalam pengembangan potensi mahasiswa, khusunya dalam konteks penguasaan Bahasa inggris. Banyak mahasiswa menghadapi tantangan dalam belajar Bahasa inggris karena kurangnya dukungan, metode pengajaran yang tidak efektif, dan kurangnya minat terhadap materi pembelajaran. film, sebagai salah satu bentuk media pembelajaran audio visual, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan menciptakan keterlibatan emosional dan membantu mahasiswa memahami dialog tanpa bergantung pada terjemahan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, memanfaatkan Korelasi Momen Produk untuk analisis data, dan melibatkan sampel acak sebanyak 100 mahasiswa. Temuan penelitian ini mengungkapkan hubungan yang signifikan antara paparan film dan motivasi belajar, dengan koefiesien korelasi (R) sebesar 0,885 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 78,3%. Hasil tersebut menyiratkan bahwa menonton film berbahasa inggris dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa inggris.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025