Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Control dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswadi Kelas X C SMAN 2 Palu

Badalu, Qisthy Fadlila Mh (Unknown)
Nurwahyuni, Nurwahyuni (Unknown)
Puswiartika, Dhevy (Unknown)
Syahran, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh konseling kelompok tehnik self control dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan datanya yaitu kuesioner/angket. Data diolah dan di analisis secara deskriptif dan inferrensial dengan menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sebelum diberikan konseling kelompok tehnik self control terdapat 8 siswa yaitu AH 41,6%, SH 41,6%,AA 31,6%, AF 31,6%, BCL 45,0%, DS 33,3%, MH 36,6%, dan MA 45,0% yang memiliki kurang percaya diri. Kemudian sesudah diberikan konseling kelompok tehnik self control terdapat 7 siswa yaitu AH 66,6%, SH 60,0%, AA 66,6%, AF 65,0% BCL 66,6% MH 66,6%, dan MA 58,3% yang memiliki  klasifikasi percaya diri tinggi dan 1 siswa yaitu DS 81,6% yang memiliki klasifikasi percaya diri sangat tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa kepercayaan diri siswa kelas X C SMAN 2 Palu sesudah diberikan layanan konseling kelompok tehnik self control menjadi meningkat dibandingkan sebelumnya. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh konseling kelompok tehnik self control untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X C SMAN 2 Palu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...