Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Harimau Pemakan Durian Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP

syavitri, suci (Unknown)
Yusra, Yusra (Unknown)
Priyanto, Priyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model project based learning berbantuan media animasi harimau pemakan durian terhadap kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis pedekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang terdapat didalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil menulis cerita fabel siswa berdasarkan penggunaan model project based learning berbantuan media animasi harimau pemakan durian sebagai media pembelajaran materi cerita fabel kelas VII SMP Negeri 8 Tanjung Jabung Timur dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan modul ajar. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran menggunakan sintak project based learning dengan berbantuan media animasi harimau pemakan durian. Guru melakukan pelaksanaan berdasarkan sintak yakni menentukan pertanyaan, merencanakan proyek, membuat jadwal penyelesaian proyek, memonitor kemajuan proyek, mempresentasi dan penilaian hasil proyek peserta didik, mengevaluasi dan refleksi peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...