Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 1 (2025): April

Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Tata Busana Kelas X SMK Negeri 1 Sawahlunto

Putri, Zahwa Miffia (Unknown)
Nelmira, Weni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar teknologi menjahit busana siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sawahlunto menggunakan metode tutor sebaya untuk menguji pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan quasi exsperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel terdiri dari 30 siswa. Metode teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar tes pretest dan posttest, lembar observasi penilaian sikap. Teknik analisis data menggunakan uji-t. hasil pelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar teknologi menjahit  sebelum menggunakan metode tutor sebaya  86%, sedangkan setelah menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya  adalah 98%. Uji-t menunjukkan nilai thitung  43,177 > 2,045 ttabel. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadapa hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...