Pesantren ramah anak (PRA) merupakan konsep pendekatan yang bisa digunakan dalam upaya menanggulangi problematika pengelolaan lembaga pendidikan. Penerapan konsep ramah anak di lembaga pendidikan berimplikasi pada pengelolaan lembaga pendidikan yang lebih baik pada banyak aspek. Pondok Pesantren (PP.) Alhamdulillah merupakan role-model pesantren ramah anak di Jawa Tengah. Distingsi dengan penelitian dengan tema serupa yakni kajian secara praktis pengelolaan pesantren yang ramah anak ditinjau kebijakan yang diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini menghasilkan konsepsi; 1) Formulasi kebijakan PRA, 2) Implementasi kebijakan PRA dan 3) Dampak pengelolaan PRA pada Pondok Pesantren. Pada setiap tahapan, dijelaskan prosedur kebijakan dalam pengelolaan PRA yang berfokus pada; 1) Sumber Daya Manusia PP, 2) Kurikulum , 3) Sarana Prasarana dan 4) Pelayanan dengan prinsip dasar pemenuhan hak anak (inklusif, non-diskriminatif, partisipatif, perlindungan kesehatan fisik dan psikologis dan kesejahteraan santri). Temuan pada situs penelitian dikonstruksi sebagai best-practices pengelolan PRA di Pondok Pesantren sebab dielaborasikan dengan acuan teknis PRA dari pemerintah sehingga bisa digeneralisir bagi pondok pesantren secara umum.
Copyrights © 2025