Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi, tantangan, dan solusi dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam pembelajaran Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka dan studi eksploratif, yang meliputi studi kasus aplikasi pembelajaran Al-Qur'an berbasis AI seperti Ngaji.ai dan Tarteel, serta kajian literatur dari berbagai sumber ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI menawarkan potensi besar dalam personalisasi pembelajaran, aksesibilitas global, koreksi bacaan real-time, modul interaktif, dan analisis data pembelajaran. Namun, terdapat tantangan signifikan seperti literasi digital guru yang terbatas, infrastruktur yang belum memadai, isu etika dan teologis, serta potensi reduksi interaksi insani. Penelitian ini merekomendasikan program pelatihan guru, pengembangan infrastruktur, kerangka etika AI syariah, model pembelajaran hybrid, dan penelitian berkelanjutan untuk mengoptimalkan integrasi AI dalam pembelajaran Al-Qur'an.
Copyrights © 2025