Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Market Day Sebagai Inovasi Implementasi Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar

Marlina, Mina (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Hamamy, Fauziyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Program Market Day merupakan inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka melalui Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila (P5) yang dilaksanakan di SDN Cimpaeun 3 Kota Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan inovasi program dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada siswa seperti kerjasama, kemandirian, kreativitas, kepemimpinan, kejujuran, kerjasama, dan percaya diri. Pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Market Day efektif sebagai media pembelajaran praktik bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, transaksi jual beli, dan pemahaman pengelolaan keuangan tentang bisnis sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan dalam kegiatan sehari-hari pada Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...