Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Strategi Guru dalam Mengelola Kelas dengan Gaya Belajar Siswa Beragam di Sekolah Dasar

Nurharirah, Siti (Unknown)
Haris, Ridwan (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Strategi guru merujuk pada serangkaian perencanaan dan tindakan yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini penting dilakukan karena masih banyak guru yang belum secara maksimal menyesuaikan strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa yang beragam, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan pembeljaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana guru mengelola kelas dengan mempertimbangkan keberagaman gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru kelas atas di SD Caringin 03. Temuan penelitian menggambarkan berbagai gaya belajar siswa serta strategi pembelajaran yang diterapkan guru untuk menyesuaikan dengan gaya belajar tersebut. Strategi yang digunakan antara lain pembelajaran ekspositori bagi siswa dengan gaya belajar visual dan auditori, serta model kooperatif dan inkuiri bagi siswa kinestetik. Guru juga menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Namun, dalam pelaksanaannya, guru menghadapi beberapa hambatan seperti keterbatasan waktu, sumber daya, bahan ajar, serta kondisi dan latar belakang siswa yang beragam. Untuk mengatasi hal tersebut, guru memanfaatkan media yang sederhana, teknologi yang tersedia, materi dengan berbagai bentuk, dan pemberian tugas yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan agar guru mampu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa guna mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...