Kemampuan menulis cerpen siswa sekolah dasar masih tergolong rendah akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Kondisi ini menghambat perkembangan daya imajinasi serta keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyusun teks naratif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat penerapan model Project-Based Learning (PJBL) terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek kajian meliputi tujuh artikel ilmiah terpublikasi dalam 10 tahun terakhir kemudian dianalisis secara konten melalui 3 tahapan yaitu analisis, identifikasi dan sintesis. Hasil kajian menunjukkan bahwa model PJBL secara konsisten memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas tulisan cerpen siswa, baik dari sisi teknis penulisan maupun aspek kreatif. Temuan ini mengindikasikan pentingnya optimalisasi penggunaan PJBL dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, sebagai strategi pembelajaran aktif yang mendukung pencapaian kompetensi literasi abad ke-21.
Copyrights © 2025