JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 11, No 2 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

Analisis Butir Soal Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Teks Deskriptif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 di SMP Negeri 2 Rangkasbitung

Susilowati, Sumaryani Rita (Unknown)
Rusdiyani, Isti (Unknown)
Hendrayana, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang serta mengembangkan instrumen evaluasi yang mampu  mengukur keterampilan berpikir kritis pada  materi teks deskriptif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Fokus utamanya adalah memastikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kesesuaian instrumen dengan tujuan pembelajaran, sehingga dapat mendukung siswa dalam berpikir kritis secara efektif dan terstruktur. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh data terkait tingkat kesulitan, kemampuan diskriminasi, reliabilitas, serta validitas setiap butir soal dalam menilai keterampilan berpikir kritis pada materi teks deskriptif. Dari 25 butir tes yang diuji, sebanyak 18 butir (72%) dinyatakan valid, sedangkan 7 butir lainnya tidak valid karena tidak memenuhi salah satu atau kedua kriteria yang ditetapkan. Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar butir tes telah mampu mengukur secara akurat, sementara butir yang tidak valid memerlukan revisi untuk perbaikan sebelum digunakan.

Copyrights © 2024