Novita Chairun Nisa, 2022. Kemampuan Menggambar dan Menggambar Moyif Ragam Hias Flora pada Media Tote Bag di Kelas III SDN 41 Tonrong Pejja Kabupaten Soppeng. Jurusan Pneididikan Seni Rupa, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar. (Abd. Aziz Ahmad dan Muhammad Saleh Husain).Penelitian ini dilatar belakangi Peserta didik selalu berdalih seni adalah bakat, sehingga mengurangi motivasi belajar terhadap pembelajaran seni rupa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini; Bagaimana kemampuan menggambar dan menerapkan motif ragam hias flora pada media tote bag dan faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses menggambar dan menerapkan motif ragam hias flora pada media tote bag peserta didik kelas III. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pserta didik kelas 3. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 orang peserta didik kelas 3. Teknik analisis data yaitu kualitatif bersifat deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan menggambar dan menerapkan motif ragam flora hias peserta didik kelas III masuk dalam kategori mampu. Hal tersebut dilihat dari hasil penilaian bahwa ada 4 peserta didik yang mendapat nilai sangat baik (A), ada 5 peserta didik yang mendapatkan nilai kategori baik (B), dan ada 1 peserta didik yang mendapatkan nilai kategori cukup (C). Terdapat faktor pendukung dalam menggambar dan menerapkan motif ragam flora hias yaitu memiliki alat dan bahan tentunya memiliki motivasi yang tinggi, kreativitas yang tinggi karena kaya pengalaman, memiliki tanggung jawab jawa, percaya diri dan menghargai karya sendiri. Faktor penghambat yaitu kelengkapan alat dan bahan umumnya memberi punya teman, sehingga mengganggu proses menggambar, malas mengulang tugas-tugas, semangat masih kurang sebatas untuk mendapatkan nilai.
Copyrights © 2025