Edukha : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS

Hadian, Asep (Unknown)
Rahmawanti, Movi (Unknown)
Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dengan media powerpoint terhadap peningkatan Keaktifan dan rasa percaya diri peserta didik dalam berbicara Bahasa Inggris. Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif learning Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint pada peserta didik Kelas VII Pelajaran Bahasa Inggris Materi Membaca teks lisan dan esei berbentuk descriptive. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII dengan jumlah keseluruhan 8 orang, dibagi menjadi 4 kelompok. Pada kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VII dengan jumlah peserta didik 8 orang terdiri dari 4 orang lakilaki dan 4 orang perempuan pada SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.Penelitian dilakukan dalam satu siklus berlangsung dengan satu kali tatap muka, berlangsung selama 80 menit. Data diperoleh dengan hasil tes pada LKPD, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (61,53%), siklus II (88,46%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Model Pembelajaran CIRC dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik VII SMP Negeri 5 Cibitung Satu Atap Kabupaten Sukabumi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Edukha

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal edisi pertama pada volume pertama tahun 2020, menyajikan beberapa tulisan hasil penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Kami berharap agar para Mahasiswa dan Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan termotivasi untuk menulis karya ilmiah dari hasil penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ...