Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai data primer yang kemudian data akan di deskripsikan dan di analisis sesuai dengan yang dihasilkan.Hasil penelitian selalu memberikan dorongan semangat yang positif sehingga ini memberikan efek kepada guru dalam meningkatkan kinerjanya. Upaya lain yang dilakukan juga dengan memberikan pelatihan pengembangan kompetensi kepada guru di SMAN, dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang baik dalam menunjang kelancaran guru secara aktif dan kreatif. Faktor pendukung Kepala SMAN untuk meningkatkan kinerja;:pertama, adanya respon positif dari para guru terhadap tujuan yang hendak dicapai Kepala SMAN, dalam meningkatkan kualitas guru,kedua, iklim komunikasi yang demokrasi antara pimpinan dan jajaran guru. Faktor penghambat dalam melakukan upaya tersebut adalah masih ada beberapa guru yang masih kurang konsisten mengikuti pelatihan di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025