Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

Pengaruh Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Dalam Menciptakan Kualitas Output Motivasi Belajar Siswa

Irawan, Nopi (Unknown)
Bahri, Syaiful (Unknown)
Yanto, Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak perubahan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa di tingkat pendidikan menengah. Kurikulum adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan pencapaian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data yang digunakan yaitu studi kepustakaan, teknik analisis data yang digunakan yaitu perbandingan studi kepustakaan serta mengidentifikasi dampak-dampak utama perubahan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa, baik dampak positif maupun negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum dapat memiliki dampak yang bervariasi terhadap motivasi belajar siswa. Dampak positif dapat terjadi ketika perubahan kurikulum mencakup penyegaran materi pembelajaran, pendekatan pengajaran yang lebih interaktif, tujuan pendidikan yang jelas, evaluasi yang adil, dan tantangan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...