Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 5 No 1 (2025): JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan)

Menumbuhkan Budaya Literasi di SDN Toyoresmi Melalui Kampus Mengajar Angkatan 7

Fatmawati, Cindy Aura (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)
Lukiani, Eunike Rose Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi di SDN Toyoresmi melalui peran mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7. Permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa diidentifikasi melalui hasil pre-test AKM siswa kelas 5 yang menunjukkan rata-rata skor literasi sebesar 44,8%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melaksanakan program kerja diantaranya: Sudut baca, Mading literasi, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pra Pembelajaran, Literasi camp, dan Mural peta Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan, setelah program diterapkan, rata-rata skor literasi naik siswa kelas 5 SDN Toyoresmi naik menjadi 74%, dengan kata lain program kerja peneliti melalui program Kampus Mengajar 7 efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa di SDN Toyoresmi sebesar 29,2%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...