Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Kreativitas Belajar siswa pada mata pelajaran IPS berpengaruh terhadap Penguatan Karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari kuisoner atau angket yang disebarkan kepada total populasi sebanyak 326 orang, peneliti secara acak (Random Sampling) memilih 180 responden yang dianggap mewakili keseluruhan populasi. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara Kegiatan P5 (XI) terhadap Penguatan Karakter (Y). dengan nilai t hitung sebesar (5,537) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikasi (0,000) yang lebih kecil dari (0,05). Selain itu, Kreativitas Belajar berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai t hitung sebesar (4,941) yang lebih besar dari t tabel (1,973) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Secara simultan, kedua variabel ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Penguatan Karakter, dengan nilai F hitung sebesar (73.031) yang jauh lebih besar dari F tabel (3,90) dan nilai signifikansi sebesar (0,000). Maka dapat disimpulkan bahwa Kegiatan P5 berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter, sedangkan Kreativitas Belajar memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan kedua variabel secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Penguatan Karakter.
Copyrights © 2025