Philosophiamundi : Journal of Global Humanistic Studies
Vol. 3 No. 3 (2025): Philosophiamundi April 2025

Evaluasi Pendidikan Berbasis Nilai Islam: Kajian Konseptual Berdasarkan Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas

Atho'illah, Muhammad (Unknown)
Minarti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji konsep evaluasi pendidikan dalam perspektif Islam berdasarkan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas, khususnya melalui karya monumental beliau The Concept of Education in Islam. Dalam pandangan al-Attas, pendidikan adalah proses ta’dib, yaitu pembentukan adab yang menyatukan ilmu, amal, dan akhlak. Evaluasi dalam pendidikan Islam seharusnya tidak terbatas pada penilaian akademik semata, tetapi juga menjadi instrumen untuk mengukur transformasi diri peserta didik, melalui dimensi spiritual, moral, dan sosial. Pendekatan ini bertolak belakang dengan sistem evaluasi konvensional yang cenderung netral nilai. Dengan metode studi pustaka, artikel ini menelusuri landasan filosofis evaluasi Islami serta memperkuatnya dengan berbagai studi kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi berbasis nilai Islam berkontribusi signifikan terhadap pembentukan insan kamil yang beradab dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

philosophia

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Philosophiamundi merupakan salah satu jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh PT. Kreasi Karya Majakata. Tujuan Jurnal Philosophiamundi adalah untuk mempertajam dasar-dasar pilar ilmu humaniora dan mengambil pandangan yang lebih luas terhadap isu-isu penting yang terjadi di masyarakat ...