Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 15 No 2 (2024): Resiliensi, Coping, dan Intervensi Psikologis: Menjawab Tantangan dalam Pengasuh

EVALUASI DAN REKOMENDASI PROGRAM PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Bertha Kristiyanti (Unknown)
Ainun Nisa Simon (Unknown)
Dinda Afiyata Vika (Unknown)
Beatrix Tinduku (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Kekerasan seksual telah menjadi isu global yang menjadi perhatian serius di berbagai negara. Pada konteks sekolah, perilaku seksual yang merugikan menjadi masalah global sejak tahun 1990-an dan tantangan besar masyarakat. Tingginya angka pelecehan anak dan kekerasan seksual telah menyoroti perlunya intervensi yang terfokus untuk mendidik pelajar muda tentang risiko seksual dan perlindungan terhadap perilaku yang merugikan serta untuk meningkatkan kesadaran akan hak mereka untuk dilindungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi program preventif tentang kekerasan seksual yang sudah berjalan di Indonesia dan memberikan rekomendasi terkait program preventif lainnya yang dapat diterapkan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR). Penelusuran artikel dilakukan melalui database Scopus, ScienceDirect, dan Garuda dengan melibatkan 15 artikel yang relevan mengenai intervensi preventif kekerasan seksual. Seluruh artikel yang ditinjau juga dinilai kelayakannya sesuai dengan pedoman Mixed Method Appraisal Tool (MMAT). Intervensi berbasis pendidikan, yang mencakup pelatihan pengamat, psikoedukasi, literasi media, dan penyuluhan hukum, terbukti meningkatkan kesadaran dan perilaku pencegahan kekerasan seksual di kalangan siswa. Program intervensi berbasis sekolah dan komunitas juga sangat membantu mencegah kekerasan seksual dan menciptakan lingkungan yang lebih aman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inquiry

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Psikologi Inquiry ISSN 1979-7273 (Print); ISSN 2540-9255 (Online) diterbitkan oleh program studi psikologi Universitas Paramadina yang mengakomodir publikasi karya ilmiah baik yang bersifat penelitian lapangan, review buku, tinjauan teoretik atau inovasi teoretik dalam bidang psikologi ...