Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 8 No 1 (2025): 2025: Edisi 1

Re-branding Kemasan Produk GEMI0418: Kemasan Kreatif untuk Olahan Lele Konsumsi Manusia dan Maggot Pakan Ternak

Sosianika, Adila (Unknown)
Setiawati, Lina (Unknown)
Kania, Rafiati (Unknown)
Amalia, Fatya Alty (Unknown)
Senalasari, Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Since 2021, GEMI0418 has been recognized as a community committed to environmental sustainability in parts of Cimahi, West Java. However, GEMI0418 faced challenges in marketing its products—processed catfish for human consumption and maggot feed for livestock—due to packaging that did not effectively convey their intended image. Through observation and interview methods, this community service (PkM) activity explored the concept of creative packaging, highlighting the crucial role of branding in marketing. Creative packaging not only provides a strong identity for products but also serves as a direct communication channel between producers and consumers. This PkM activity was carried out from March 1 to August 31, 2024, by a team of five lecturers from the Marketing Management Study Program, Bandung State Polytechnic, and successfully implemented rebranding of the packaging, focusing on visual design and colors relevant to the products. This study discusses the importance of visual elements and specific color choices in creative packaging to attract consumer interest and increase product appeal. === Dari tahun 2021, GEMI cukup dikenal sebagai komunitas yang peduli lingkungan di sebagian masyarakat Cimahi, Jawa Barat. Namun, GEMI menemukan tantangan ketika menjual produk hasil budi daya lele dan pengolahan magot karena faktor kemasan yang belum membentuk citranya dengan maksimal. Dengan metode observasi dan wawancara, kegiatan PkM ini dapat menentukan konsep kemasan seperti branding di kemasan memiliki peran krusial dalam dunia pemasaran karena mampu memberikan identitas yang kuat pada suatu produk. Kemasan yang dirancang dengan elemen branding yang khas tidak hanya memudahkan konsumen mengenali merek, tetapi juga menjadi saluran komunikasi langsung antara mitra dan pelanggan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dari 1 Maret hingga 31 Agustus 2024 oleh lima orang tim dosen dari Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Negeri Bandung dan telah berhasil melakukan re-branding kemasan dalam hal visual dan warna yang relevan dengan produknya. Studi ini membahas aspek-aspek visual seperti apa yang penting untuk dipertimbangkan pada produk GEMI hingga warna tertentu yang bisa memicu minat konsumen untuk membeli produknya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BAKTI

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat [BB] bertujuan untuk menerbitkan naskah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Tulisan yang dimuat berupa analisis temuan atau refleksi kegiatan PkM yang terhilirkan untuk pemanfaatan secara lebih luas oleh masyarakat. Hilirisasi dalam ...