Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, keunggulan kompetitif merupakan hal yang penting bagi UMKM. Inovasi dapat menjadi solusi sebagai cara meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM, diantaranya terdapat inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi. Tujuan penelitian adalah, 1) untuk menguji pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan kompetitif UMKM; 2) untuk menguji pengaruh inovasi proses terhadap keunggulan kompetitif UMKM; 3) untuk menguji pengaruh inovasi pemasaran terhadap keunggulan kompetitif UMKM; dan 4) untuk menguji pengaruh inovasi organisasi terhadap keunggulan kompetitif UMKM. Populasi penelitian adalah pelaku UMKM Batik di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen berjumlah 65 orang. Penelitian menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampel sampling jenuh. Desain penelitian menggunakan survei terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner kepada pelaku UMKM Batik di Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi (parsial) dengan bantuan SPSS for Windows 30.0. Hasil menunjukkan bahwa, 1) inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif UMKM; 2) inovasi proses tidak berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif UMKM; 3) inovasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif UMKM; dan 4) inovasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif UMKM.
Copyrights © 2025