Desa Kawa merupakan salah satu daerah yang kaya akan sumber daya maritim, terutama ikan tuna. Namun potensi ini belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat desa Kawa. IKM bakso ikan merupakan salah satu jajanan yang laris di desa Kawa, tetapi usaha tidak berkembang dan tidak berproduksi setiap hari. Penelitian ini menggunakan metode SWOT untuk menganalisis strategi pengembangan IKM di desa Kawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan IKM bakso ikan melalu identifikasi faktor internal dan eksternal. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Analisis matriks IFAS dan EFAS menghasilkan 22 faktor dengan posisi IKM bakso ikan berada pada kuadran I dengan strategi agresif dan strategi dari hasil analisis matriks SWOT, digunakan strategi SO pengembangan Produk Inovatif dan Segmentasi Pasar yang Lebih Luas (S1, S2, O2, 05, 07 ). Prioritas strategi pengembangan IKM POKLAHSAR adalah strategi WO.
Copyrights © 2025