JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)
Vol 10, No 1: Juni 2025

Analisis Antarmuka Website Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Menggunakan Kansei Engineering

Firdaus, Alamsyah (Unknown)
Hadiana, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Website Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK YPC Tasikmalaya memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi lowongan pekerjaan dan peluang magang bagi siswa. Namun, desain antarmukanya belum sepenuhnya mempertimbangkan preferensi emosional dan kenyamanan pengguna, sehingga dapat memengaruhi pengalaman serta efektivitas penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor emosional yang memengaruhi desain antarmuka website BKK dengan menerapkan metode Kansei Engineering, serta menyusun rekomendasi desain berbasis preferensi pengguna. Metode Kansei Engineering Tipe I digunakan untuk mengidentifikasi persepsi emosional melalui 16 Kansei Words yang dievaluasi terhadap 10 spesimen website BKK SMK lainnya sebagai pembanding, dengan melibatkan 298 responden guna memperoleh data persepsi emosional yang representatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep emosi “Hebat” memiliki korelasi tertinggi dengan preferensi pengguna dan dipilih sebagai fokus utama dalam perancangan desain. Konsep “Ceria” juga menunjukkan korelasi kuat dan dijadikan alternatif pendukung. Rekomendasi desain disusun berdasarkan matriks elemen desain Kansei, dengan penekanan pada penciptaan pengalaman pengguna yang lebih positif dan selaras dengan ekspektasi emosional pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtera

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, ...