Abstrak. Video berbasis multimedia dapat menjadi salah satu media promosi, khususnya pada sektor pariwisata yang menjadi sektor unggulan daerah. Oleh karena itu, dibutuhkan media video untuk mempromosikan objek wisata agar mampu menampilkan audio dan visual sekaligus. Sasaran dalam PKM ini adalah masyarakat di Kelurahan Kaca, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pengetahuan mitra terkait video berbasis multimedia, pengenalan alat editing video sederhana serta meningkatkan keterampilan dalam pembuatan video menggunakan aplikasi CapCut. Metode ceramah dan diskusi digunakan pada saat penyampaian materi, kemudian mitra mempraktikkan secara langsung, pembuatan video kemudian dimonitoring dan dievaluasi. Diharapkan dari kegiatan PKM ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keahlian masyarakat terkait pembuatan video promosi kawasan wisata yang menarik menggunakan aplikasi editing video sehingga dapat menjadi media promosi bagi daerah mitra. Berdasarkan hasil pelatihan maka dapat disimpulkan bahwa 1) mitra dapat mengenal video berbasis multimedia dan alat editing video sederhana, 2) mitra memahami teknik dasar pembuatan video berbasis multimedia, dan 3) mitra dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, 4) mitra mahir membuat konten video promosi menggunakan aplikasi editing video CapCut. Kata Kunci: video promosi wisata, aplikasi editing video, CapCut
Copyrights © 2025