Abstrak Matematika merupakan fondasi utama dalam penyelesaian berbagai masalah dalam bidang ilmu fisika. Namun, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengusasai konsep-konsep dasar matematika sehingga menganggu prestasi akademik mahasiswa. Pengabdian ini bertujuan mengimplementasi metode inverted class untuk melihat bagaimana keberhasilannya dalam menyelesaikan permasalahan ini. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada minggu ke 3 dan 4 bulan Januari 2025. Kegiatan ini dibagi menjadi menjadi tiga kegiatan yaitu persiapan kegiatan, pelaksanan kegiatan di kelas serta evaluasi keberhasilan dengan sasaran 55 mahasiswa baru Fisika Unila. Dalam masa persiapakan disusun modul interaktif, menarik dan modern. Lalu dilakukan test pemahaman awal konsep matematika dengan hasil 42,9%. Selanjutnya dilakukan 2 kali pembelajaran dengan inverted class. Pada tahap evaluasi diperoleh peningkatan pemahaman mahasiswa menjadi 60.5%. Dengan tambahan kesan positif terhadap pelaksanaan kegiatan dan modul yang diberikan. Pengabdian ini berhasil menunjukkan bahwa inverted class dapat menjadi solusi untuk mencarik pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus melatih kemandirian belajar mahasiswa. Kata kunci: fisika; inverted class ; mahasiswa baru; pemahaman matematika AbstractHowever, many students struggle to grasp basic mathematical concepts, which negatively impacts their academic performance. This community service program aims to implement the Inverted Class method to evaluate its effectiveness in addressing this issue. The program activities were carried out in 3th dan 4th weeks of January 2025. This program was divided into three stages: preparation, classroom implementation, and evaluation of its success, involving 55 first-year physics students at Universitas Lampung. During the preparation phase, an interactive, engaging, and modern module was developed. An initial test was conducted to assess students' understanding of basic mathematical concepts, yielding an average score of 42.9%. The implementation phase involved two Inverted Class learning sessions. In the evaluation phase, the students' understanding improved significantly, with an average score increase to 60.5%. Additionally, students provided positive feedback on the learning process and the module used. This program successfully demonstrated that the Inverted Class method can serve as an effective approach to improving conceptual understanding while fostering students' independent learning skills. Keywords: inverted class; first-year students; physics; mathematical understanding; independence
Copyrights © 2025