JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025

Peran Guru dalam Menanamkan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Pada Siswa Kelas IV SDN 02/IV Kota Jambi

Fitriya, Afifa Hana (Unknown)
Ulfah, Andini Fatharani (Unknown)
Astri Andriyani (Unknown)
Baidah, Baidah (Unknown)
Risky Pratiwi (Unknown)
Indriani Indriani (Unknown)
Muhammad Sofwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai gotong royong, mengamati dampaknya terhadap perilaku siswa, serta memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan implementasi elemen ini dalam pembelajaran. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek peserta didik kelas IV SDN 02/IV Kota Jambi, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 02/IV Kota Jambi telah melaksanakan pembiasaan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila elemen gotong royong melalui diskusi kelompok dalam pembelajaran, piket kelas, kerja bakti, dan infaq. Dengan adanya pembiasaan yang dilakukan di SDN 02/IV Kota Jambi, gotong royong dilaksanakan didalam lingkungan kelas, lingkungan sekolah, atau pun lingkungan sekitar, dimana ini menjadi sebuah program untuk meningkatkan karakter disiplin positif peserta didik dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 02/IV Kota jambi telah menanamkan profil pelajar Pancasila elemen gotong royoing kepada peserta didik melalui kolaborasi, kepedulian dan berbagi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...