JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 2: Maret 2025

Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Kelas III Sekolah Dasar

Simbolon, Grace Hana Aprillia (Unknown)
Saefitri, Ika (Unknown)
Aulia, Mutia Rahma (Unknown)
Hermawan, Jody Setya (Unknown)
Supriyadi, Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelian ini bertujuan guna mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh aplikasi YouTube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode kuantitatif digantikan desain pre-eksperimental dalam penelitian. One group pre-test post test dipilih sebagai desain penelitian. Seluruh siswa kelas III SD Advent Anggrek, dengan sampel berjumlah 30 siswa menjadi populasi penelitian ini. Pengumpulan data memakai instrumen berupa soal tes dengan materi literasi numerasi yang sudah melakukan pengujian validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai ttest = 21.749 > ttabel =1.703 pada tingkat signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak. Maka disimpulkan ada kesignifikanan pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas III

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...