Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis berbagai hasil penelitian terdahulu terkait pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana LKPD berbasis etnomatematika mampu membantu peserta didik dalam mengenal dan menginterpretasikan budaya melalui proses pembelajaran yang kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur sistematis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel penelitian yang relevan melalui database ilmiah, seperti Google Scholar, DOAJ dan Garuda, dengan kata kunci “LKPD berbasis etnomatematika”, “etnomatematika dalam pembelajaran”, “pembelajaran berbasis budaya lokal”, dan “pengembangan bahan ajar etnomatematika”. Teknik analisis data menggunakan pendekatan tematik untuk mengelompokkan informasi berdasarkan tema validitas, kepraktisan, keefektifan, serta unsur budaya yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua artikel yang ditelaah menyatakan LKPD berbasis etnomatematika dinilai valid oleh ahli, praktis menurut respon guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan menumbuhkan sikap positif terhadap budaya lokal. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa LKPD berbasis etnomatematika memberikan kontribusi signifikan terhadap proses pembelajaran yang bermakna dan berkarakter. Rekomendasi diberikan kepada para pendidik dan pengembang bahan ajar untuk terus mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran guna menciptakan pendidikan yang kontekstual dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025