Gawi: Journal of Action Research
Vol. 5 No. 1 (2025)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Teks Eksplanasi Ilmiah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Wati, Mustika (Unknown)
Misnawati, Misnawati (Unknown)
Rahmiyani, Ita (Unknown)
Sasmita, Fauzia Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya aktivitas belajar peserta didik yang didukung oleh hasil belajar yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 70 pada pembelajaran tematik Tema Tokoh dan Penemuan muatan Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan pada 11 orang peserta didik kelas VI SDN Pematang Karangan. Jenis data yang digunakan ialah adalah data kualitatif dan kuantitaf yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 16 (baik), pertemuan 2 memperoleh skor 17 (sangat baik), pertemuan 3 memperoleh skor 19 (sangat baik), pertemuan 4 memperoleh skor 20 (sangat baik). Adapun aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sebesar 62,5%, pertemuan 2 sebesar 72,8%, pertemuan 3 sebesar 80%, dan pertemuan 4 sebesar 85,7%. Sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar pertemuan 1 yaitu 50%, pertemuan 2 yaitu 64%, pertemuan 3 yaitu 90%, dan pertemuan 4 yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dapat terlaksana dengan kriteria sangat baik pada aktivitas guru dan aktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan hingga mencapai kriteria sangat aktif. Adapun hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan hingga mencapai ketuntasan hasil belajar yang signifikan, sehingga model ini dapat diterapkan pada subjek pelajaran yang lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...